Susah Tidur alias insomnia? Berikut Cara Mengatasinya

Mengalami masalah tidur dapat disebut sebagai gejala insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur, di mana seseorang yang mengalaminya kesulitan untuk tidur pada jam normal dan cepat terbangun sehingga kualitas tidur yang dimilikinya tidaklah baik. Insomnia ini dapat dialami oleh siapa saja, baik ayah, ibu bahkan anak.




Apa penyebab Insomnia?

Ada beberapa faktor penyebab seseorang mengalami Insomnia :

Faktor psikologis yaitu gangguan insomnia yang disebabkan karena stres atau depresi. Seseorang akan mengalami kegelisahan yang berlebihan sehingga membuatnya susah untuk tidur. Biasanya hal ini terjadi bagi seseorang yang trauma atau seseorang yang sedang mengalami masalah.

Faktor kesehatan yaitu gangguan insomnia yang disebabkan kerena penyakit tertentu. Biasanya jika seseorang mengalami sakit juga akan mengalami kegelisahan. Contohnya ketika seorang mengalami sakit kepala yang berlebihan maka akan membuat orang tersebut tidak dapat tidur karena harus menahan rasa sakit.

Faktor obat-obatan yaitu gangguan insomnia yang disebabkan karena obat-obat tertentu. Beberapa jenis obat memiliki efek samping yang dapat membuat kerja otak dua kali lebih aktif contohnya obat antidepresi. Obat lainnya yang diketahui sebagai penyebab munculnya insomnia adalah obat penghilang rasa sakit, obat tekanan darah tinggi dan sejenisnya.

Faktor umum lainnya, dalam hal ini ada beberapa faktor umum yang menjadi penyebab insomnia, yaitu jet lag, bekerja atau melakukan aktivitas pada malam hari, pola tidur yang tidak teratur dan penggunaan obat-obatan yang tidak semestinya yang memicu adrenalin atau jantung dengan cepat sehingga membuat seseorang menjadi aktif dan tidak dapat tidur.

Akibat dari insomnia

Insomnia memiliki dampak negatif bagi seseorang yang mengalaminya, baik dampak secara psikis maupun dampak secara fisik. Dampak secara psikis yang dimaksudkan adalah ketika seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik secara terus menerus akan mengakibatkan stres atau depresi karena lelah yang berkepanjangan, sehingga seseorang dapat menjadi temperamen atau mudah emosi dalam melakukan segala hal, bahkan dapat membuat seseorang tidak dapat berkonsentrasi ketika melakukan aktivitas. Sedangkan dampak secara fisik yang dimaksud adalah ketika seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik secara terus menerus akan membuat kondisi tubuh seseorang terganggu karena organ tubuhnya tidak beristirahat sesuai dengan semestinya, sehingga daya tahan tubuh seseorang akan menurun dan akan menimbulkan penyakit-penyakit tertentu, misalnya kurang darah, sakit perut karena memicu asam lambung, dan suhu tubuh tidak normal.

Baik secara psikis dan fisik, akibat insomnia ini sangat merugikan bagi orang yang mengalaminya, karena seseorang tidak dapat produktif untuk melakukan aktivitas dalam hidupnya.

Bagaimana mengatasi insomnia?

Jika mengalami insomnia, lakukan tips-tips berikut yang dapat membantu Anda dalam mengatasi insomnia :

1. Mengatur pola tidur yang baik

Kualitas tidur yang baik dalam sehari adalah 8-10 jam, gunakan aturan ini untuk membantu pola tidur yang teratur dalam hidup Anda.

2. Makan makanan sehat

Makanlah makanan yang bergizi dan yang mengandung vitamin B, B1, B komples, dan vitamin C serta mineral, kalsium, protein dan zat besi.

3. Olahraga secukupnya

Olahraga diperlukan untuk memberi energi agar tubuh dapat selalu bugar.

4.Hindari minuman yang tidak sehat

Hindarilah minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan soda karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5. Jangan meminum obat tidur

Banyak orang mengira jika mengalami kesulitan tidur sebaiknya meminum obat tidur, padahal tidak demikian, obat tidur ternyata memiliki efek samping yang membuat seseorang kecanduan.

6. Menciptakan suasana kamar yang nyaman

Suasana kamar yang nyaman sangat membantu seseorang dapat rileks untuk beristirahat. Bersihkan kamar Anda sebelum beristirahat dan jika Anda menggunakan AC aturlah suhunya agar tidak terlalu dingin dan tidak juga terlalu panas.

7. Mandi air hangat sebelum tidur

Jika kesulitan tidur, Anda dapat melakukan hal ini karena air hangat dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks

8. Mendengarkan musik lembut

Musik jenis ini dapat membantu menenangkan pikiran seseorang. Jika Anda kesulitan untuk tidur, Anda dapat mendengarkan musik lembut.

Jika Anda mengalami insomnia berkepanjangan, sebaiknya Anda perlu memeriksakan diri agar mendapatkan penanganan medis. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter psikologis untuk mendapatkan resep obat atau anjuran terapi tertentu yang sesuai dengan gejala insomnia yang Anda alami.

# Penyebab susah tidur
# Cara mengatasi susah tidur
# Bahaya Insomnia alias tidur terlalu malam

 
Previous
Next Post »