Cara Backup Data Blog Dengan Mudah



Bagaimana Cara Backup Data Blog? Cara Backup Data Postingan Artikel Blog – Postingan atau artikel merupakan salah satu komponen inti dan utama dari sebuah blog, semua blog yang ada dengan niche atau kategori apapun pasti memiliki yang namanya postingan atau artikel dengan jenis konten tertentu yang dipublikasikan kepada pembaca sesuai dengan kategori blog tersebut. Blog yang telah lama berada di dunia internet atau dunia blogger dan memiliki ratusan hingga ribuan artikel atau postinga maupun blog yang masih baru yang baru memiliki puluhan postingan seperti saya memiliki resiko yang sama selama masih menggunakan hosting dari blogger atau blogspot yaitu terancam dihapus secara tiba – tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh pihak google.

Perkembangan robot google dan algoritma google dalam menjamin mutu dan kualitas blog dan artikel yang muncul pada halaman penting google yang hingga kini telah dirilis algoritma google hummingbird menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi sebagian blogger karena hingga saat ini telah terbukti banyak blog yang telah dihapus secara tiba- tiba oleh pihak google bahkan kepada blog besar milik para master sekalipun yang memiliki konten original dan backlink yang berkualitas. Oleh karena itu hal – hal yang menakutkan dan merugikan yang dapat terjadi pada blog kita kapanpun melatar belakangi kita untuk melakukan antisipasi terhadap perlindungan data – data di dalam blog kita yang merupakan hasil kerja keras kita selama ini. Salah satu data yang perlu kita amankan atau backup yaitu postingan atau artikel yang ada di dalam blog kita..

 Jika anda ingin melakukan backup ikuti prosedur sederhana berikut ini:

- Masuk ke akun blogger.com anda
- Pilih blog yang ingin di backup dan masuki menu SETELAN
- Pilih sub menu LAINNYA
- Pilih EKSPOR BLOG pada ALAT BLOG


- Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik UNDUH BLOG


- File akan tersimpan di komputer anda dalam format .xml seperti contoh di bawah ini


- Untuk melakukan upload file yang tadi anda unduh untuk backup, cukup dengan membuka kembali ke    ALAT BLOG di atas dan klik IMPOR BLOG.
- Akan ada tampilan seperti gambar di bawah
- Silahkan browse di mana file backup tadi anda simpan
- Masukkan kode verifikasi captcha
- Beri tanda centang pada "Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis"
- Klik IMPOR BLOG
- Tunggu beberapa saat sampai proses impor selesai.


Dengan demikian anda sudah mengetahui semua tahap untuk menyimpan data anda ke komputer dan menguploadnya kembali. Pengetahuan seperti ini sangat penting, walaupun anda berharap tidak akan pernah menggunakannya. Tapi bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan.... 
Selamat blogging, dan mari saling menghargai sesama pengguna dunia maya.



  • Ancaman Di Komputer Dan Di Internet
  • Artikel Tentang Komputer Dan Internet
  • Artikel Tentang Perawatan Komputer Lengkap
  • Peneliti Inggris Capai Kecepatan Download 800Mbps Menggunakan Kabel Tembaga
  • Perangkat Keras Di Komputer

  • Previous
    Next Post »