Fakta unik yang mengejutkan mengenai Xiaomi

Fakta unik yang mengejutkan mengenai Xiaomi

Fakta unik yang mengejutkan mengenai Xiaomi



Produsen smartphone asal China Xiaomi menjadi salah satu fenomena di industri smartphone dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun terbilang merk baru, Xiaomi langsung merajai pasar pada awal-awal peluncurannya. Xiaomi juga menjadi salah satu perusahaan start-up paling bernilai di dunia.
Sekitar dua atau tiga tahun lalu, misalnya, saat produk Xiaomi masih dijual ekslusif di toko online Lazada, lelang yang digelar selalu mencatatkan sukses besar. Bayangkan saja, hanya dalam waktu satu jam, 40.000 unit Xiaomi terbaru terjual.
Saat itu, Xiaomi juga sempat menduduki lima merk smartphone terlaris di dunia bersaing dengan Apple, Samsung dan produsen lain yang sudah lebih dulu eksis. Keunggulan Xiaomi terletak pada harga yang murah, tapi spesifikasi dan kualitas mumpuni. Tentu saja, Xiaomi menjadi pukulan telak bagi smarphone lain.
Cara pemasarannya pun tidak menggunakan cara konvensional. Tapi berbasis penjualan online. Hal tersebut diklaim dapat memangkas biaya untuk promosi, biaya sewa toko dan biaya-biaya operasional lainnya.
Kehadiran Xiaomi juga menampik anggapan bahwa semua ponsel merek China jelek. Pasalnya, produk Xiaomi menggunakan material dan komponen yang berkelas dan sebagian besar menggunakan komponen yang sama dengan merk lain seperti Samsung.
Mau tidak mau harus diakui, kehadiran Xiaomi menghadirkan persaingan baru di bisnis ponsel. Sejak munculnya Xiaomi era smarphone murah dengan spesifikasi tinggi dimulai. Produsen seperti Asus, Lenovo, LG dan lain-lain ikut mengusung ponsel dengan spesifikasi tinggi, namun harganya bersaing.
Alhasil, ponsel-ponsel murah dengan kualitas murahan pun tergusur. Sejak saat itu, merk-merk ponsel China yang beredar di pasar menyusut. Pilihannya sederhana, jika ada yang murah tapi berkualitas, kenapa harus membeli yang murahan.
Meskipun popularitas Xiaomi tak lagi semegah beberapa tahun lalu, tapi harus diakui Xiaomi masih cukup berjaya di pasar. Saat ini, Xiaomi memang sudah terlempar dari posisi lima besar merk terlaris.
Namun, persoalannya adalah perubahan strategi pemasaran yang dilakukan Xiaomi sehingga penjualan ponsel ini tidak tercatat secara jelas. Xiaomi lebih banyak bermain di ranah black market.
Contohnya, ponsel ini tidak lagi diimpor secara resmi oleh Indonesia. Tapi faktanya, Anda tidak akan kesulitan mencari ponsel Xiaomi terbaru di toko online dan gerai ponsel di Mangga Dua, Glodok, Mega Kuningan dan tempat-tempat lain.
Perusahaan start-up ini didirikan pada tahun 2010. Sejak berdiri, perusahaan ini sangat cepat meraih popularitas tak hanya di China tapi juga negara-negara lain.
Semua orang mungkin sudah mengetahui kisah tersebut. Anyway, di kesempatan kali ini kami akan membagikan fakta-fakta menarik tenang Xiaomi yang wajib Anda ketahui.

Nama yang misterius
Nama Xiaomi, dalam bahasa Mandarin, mengandung arti beras kecil. Xiao artinya kecil, mi berarti beras. Untuk memudahkan konsumen mancanegara dalam pengucapannya, VP Xiaomi Hugo Barra memberi tips sederhana. “Coba ucapkan ‘show me‘, dan kemudian ganti pengucapan kata pertamanya seolah-olah itu adalah ‘shower‘.”
Previous
Next Post »